Optimistis Target Investasi Rp 594 Triliun Tercapai

Optimistis Target Investasi Rp 594 Triliun Tercapai
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Pemerintah optimistis target investasi sebesar Rp 594,5 triliun yang dipatok sepanjang 2016 akan tercapai. Sebab, realisasi investasi pada triwulan pertama tahun ini sudah menembus Rp 146,5 triliun.

Angka tersebut melonjak 17,6 persen jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu yang masih Rp 124,6 triliun. Realisasi investasi itu menyerap 327 ribu tenaga kerja.

“Tingginya realisasi selama triwulan I itu memperlihatkan investasi pada 2016 akan tetap naik. Pemerintah mempunyai komitmen dan tekad kuat untuk menjaga dan memperbaiki iklim investasi di Indonesia,” ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani, Senin (25/4) kemarin.

Franky menguraikan, realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp 50,4 triliun. Angka tersebut naik 18,6 persen dari posisi Rp 42,5 triliun pada periode yang sama 2015. Sedangkan penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp 96,1 triliun atau tumbuh 17,1 persen.

Terkait dengan realisasi PMA, dia menekankan masuknya Tiongkok dalam empat besar negara asal investasi. Realisasi investasi asal Negeri Panda itu pada triwulan I 2016 mencapai USD 0,5 miliar.

“Realisasi tersebut naik 400 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Capaian itu diharapkan menjadi indikasi meningkatnya realisasi investasi Tiongkok pada masa akan datang,” ujar Franky. (ken)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News