Indonesia-AS Akan Gelar Latihan Militer Di Padang

Indonesia-AS Akan Gelar Latihan Militer Di Padang
Tim ENCAP Puskes TNI dan Unites States Pacific Fleet US. Navy tengah melaksanakan kegiatan pembangunan di Sungai Pinang, Padang dalam rangka Latma Pacific Partnership FOTO: Dispen Koarmabar for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pusat Kesehatan Tentara Nasional Indonesia (Puskes TNI) dan Unites States Pacific Fleet US. Navy akan menggelar Latihan bersama (Latma) Pacific Partnership 2016 di Padang, Sumatera Barat.

Latma Pacific Partnership 2016 tersebut rencananya akan dibuka pada tanggal 22 Agustus 2016 di Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang.

Kegiatan Pacific Partnership ini merupakan salah satu program Unites States Indonesia Bilateral Defence (USIBDD) bidang Medical Warking Group. Latihan ini menitikberatkan pada latihan kesehatan militer dalam penanggulangan bencana antara Pusat Kesehatan (Puskes) TNI dengan United States Pacific Fleet.

Sebelumnya, kedua negara ini sudah melaksanakan latihan di Indonesia. Di antaranya di Maluku (2010), Sulawesi Utara (2012), Nusa Tenggara Timur (2014) dan selanjutnya di Padang, Sumatera Barat tahun 2016.

Menurut Kadispen Koarmabar, Mayor Laut (KH) Budi Amin, dalam Latma ini terdapat lima bidang materi latihan yakni Engeering Civic Action Project (ENCAP) yaitu pembangunan jalur evakuasi sepanjang 350 meter di Pasir Jambak, pembangunan ruang serbaguna 7 m x 15 m di padang sarai dan pembangunan 4 buah toilet umum di Sungai Pinang.

Medical Civic Action Programme (MEDCAP) yaitu pelatihan kesehatan dalam kesiapsiagaan bencana, seminar kedokteran gigi, pengobatan massal, ceramah kesehatan di beberapa sekolah dasar, sanitasi air, penanganan rabies, inseminasi ternak dan penyakit ternak.

Medical Exercise (Ha/dr) berupa latihan kesiapsiagaan bencana aspek kesehatan. Comomunity Relationship berupa open ship di USNS Mercy, Sport, Cultural Party, bersih pantai, serta Woman Peace Security (WPS) yaitu seminar international yang melibatkan dari berbagai organisasi wanita di Padang.

Dalam latihan bersama ini dikerahkan beberapa unsur alat utama seperti KRI Makassar, Heli Bell TNI AL, dan USNS Mercy. Juga unsur pendukung lainya dari TNI AD (Korem 032/wbr), Lanud Padang dan Pemerintah Daerah Pemprov Sumbar, Pemkot Padang beserta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News