Pak Bupati Ini Terus Terkenang Saran dari Megawati

Pak Bupati Ini Terus Terkenang Saran dari Megawati
Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo. Foto: Radar Jogja/JPG

jpnn.com - WATES - Bupati Kulonprogo di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Hasto Wardayo menceritakan pengalamannya ketika mendapat saran dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri beberapa tahun lalu. Hasto menceritakan pengalaman tak terlupakan itu saat pendeklarasian dirinya dan Sutedjo sebagai calon calon bupati dan calon wakil bupati Kulonprogo di Wates, Senin (8/8).

Hasto menuturkan, dirinya beberapa saat setelah dilantik sebagai bupati Kulonprogo pada 2011 silam langsung berada dalam satu mobil dengan Megawati. Putri Proklamator RI, Soekarno itu tahu bahwa Hasto berlatar belakang dokter kandungan.

Saat itu Megawati langsung meminta Hasto menggratiskan biaya berobat bagi warga Kulonprogo. “Saya kasih saran, kamu kan dokter, jadi bebaskan biaya berobat,” kata Hasto mengenang ucapan Megawati saat itu.

Hasto pun langsung tergugah oleh saran dari Megawati. Terlebih, saat itu memang belum ada BPJS Kesehatan.

“Saya waktu itu masih culun, dan saya jawab siap bu, ‘siap, Bu’. Saya sangat bersemangat. Maka saya jalankan saran Bu Mega. Warga Kulon Progo meskipun belum ada kartu BPJS, bisa berobat ke Puskesmas dengan hanya KTP atau kartu keluarga saja,” bebernya.

Hasto yang kini diusung koalisi PDIP dan PAN itu menegaskan, hal yang penting sebagai kepala daerah adalah jangan sampai melupakan rakyat. Sembari berkelakar, Hasto pernah mendapat pertanyaan menggelitik dari warganya tentang perbedaan pilkada dengan pil KB.

“Saya meskipun dokter sempat kebingungan. Pil KB kalau lupa, jadi (hamil, red). Kalau pilkada, kalau sudah jadi, lupa,” ujar Hasto.

Karenanya politikus PDIP itu pun selalu berupaya belajar dari masyarakay. Sebab, masyarakat skarang juga cerdas dan pintar.

WATES - Bupati Kulonprogo di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Hasto Wardayo menceritakan pengalamannya ketika mendapat saran dari Ketua Umum PDI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News