Seleksi Calon Komisioner KPU dan Bawaslu Digelar November

Seleksi Calon Komisioner KPU dan Bawaslu Digelar November
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, nama-nama kandidat panitia seleksi calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah diserahkan ke Sekretariat Negara (Setneg), Selasa (9/8). 

Penyerahan nama-nama dilakukan setelah sebelumnya dilakukan seleksi, untuk kemudian nantinya dipilih oleh Presiden Joko Widodo. 

Saat ditanya siapa nama-nama kandidat dari 15 nama yang diserahkan, mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini belum bersedia menyebut. 

"Nama-nama belum dipublikasikan. Kalau dipublikasikan kemudian satu dua nama tidak masuk (pansel,red) kan kasihan nama sudah diumumkan," ujar Tjahjo. 

Sementara itu dihubungi terpisah, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri Soedarmo mengatakan, pansel paling tidak sudah terbentuk Oktober mendatang. Sehingga dapat mulai bekerja menyeleksi nama-nama calon pada November. 

"Kan enam bulan tuh, sampai dengan April bisa dilantik. Kira-kira waktunya supaya sesuai dengan undang-undang. Mungkin pelaksanannya tiga empat bulan kemudian diajukan DPR," ujar Soedarmo.

Sebagaimana diketahui, masa bakti jajaran pimpinan KPU dan Bawaslu periode 2012-2017 akan berakhir April 2017. 

Karena itu pemerintah perlu menyiapkan panitia seleksi, untuk kemudian memilih tujuh nama Komisioner KPU dan lima nama pimpinan Bawaslu periode 2017-2022. (gir/jpnn)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, nama-nama kandidat panitia seleksi calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News