The Light of Aceh Bakal Angkat NAD sebagai Destinasi Wisata Halal

The Light of Aceh Bakal Angkat NAD sebagai Destinasi Wisata Halal
Gubernur Nangroe Aceh Darusaalam (NAD) Zaini Abdullah. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - BANDA ACEH - Gubernur Nangroe Aceh Darussalam (NAD) Zaini Abdullah menegaskan komitmennya untuk menjadikan provinsi yang dipimpinnya sebagai destinasi wisata halal kelas dunia. Zaini menyampaikan komitmennya saat berpidato pada Rapt Koordinasi (Rakor) Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, di Hotel Hermes, Banda Aceh, Senin (19/9).

Di hadapan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang juga hadir pada rakor itu, Zaini mengungkapkan tekadnya untuk membangun destinasi halal kelas dunia. Ia akan menggunakan konsep Go Digital be The Best yang disuarakan Menpar Arief Yahya untuk mempercepat upaya mewujudkan Aceh sebagai destinasi wisata halal itu.

"Kami ingin menuju Aceh sebagai destinasi halal kelas dunia. Kami ingin menggunakan teknologi dan go digital untuk percepatan," kata Zaini yang disambut tepuk tangan.

Komitmen itu dilanjutkan dengan deklarasi bersama Pemprov NAD dan pemerintah kabupaten/kota di Bumi Serambi Mekah itu untuk mewujudkan destinasi wisata. Ada 4 point dalam deklarasi itu. Pertama adalah menjadikan Aceh sebagai destinasi wisata halal unggulan.

Kedua, memprioritaskan program percepatan pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata sehingga menjadi leading sector dalam meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah. Ketiga, menjadi tanggung jawab bersama dalam memajukan pariwisata halal di Aceh dengan melibatkan semua elemen, khususnya pemerintah, tokoh masyarakat, akademisi, pelaku bisnis, media, dan komunitas.

Keempat, memprioritaskan pariwisata halal di Aceh melalui beberapa tahap. Yakni, penyiapan  dan peningkatan konektivitas, aksesibilitas, amenitas dan kualitas atraksi di beberapa obyek wisata unggulan.

Upaya yang ditempuh adalah meningkatkan kualitas promosi dan publikasi wisata halal di tingkat daerah, nasional, maupun internasional, serta menggenjot kualitas sumber daya manusia dan kelembagaan pariwisata halal. Selain itu, ada pula upaya memajukan, menyiapkan, dan meningkatkan industri wisata halal di Aceh, serta mendorong pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat.

Menpar Arief Yahya pun memberi respons positif atas deklarasi itu. “Saya melihat semua sangat serius dan bersemangat," katanya.

BANDA ACEH - Gubernur Nangroe Aceh Darussalam (NAD) Zaini Abdullah menegaskan komitmennya untuk menjadikan provinsi yang dipimpinnya sebagai destinasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News