Gempa 8,8 SR Guncang Chili

Picu Peringatan Tsunami di Pasifik

Gempa 8,8 SR Guncang Chili
KOLAPS - Beberapa kendaraan yang terjungkir akibat sebuah jalan tol yang runtuh, pasca gempa berkekuatan 8,8 SR dan sejumlah gempa susulan di Chili, yang terjadi Sabtu (27/2) dinihari waktu setempat. Foto: AP Photo/David Lillo.
TALCA - Sebuah gempa dahsyat berkekuatan 8,8 SR menerjang Chili, Sabtu (27/2) dinihari waktu setempat, atau sekitar Sabtu sore WIB. Gempa dilaporkan merubuhkan sejumlah besar bangunan, jembatan-jembatan serta jalan tol, juga membuat rengkah permukaan tanah di beberapa tempat hingga sejumlah truk harus terperosok. Sebagaimana dirilis situs berita AP, Sabtu malam WIB, gempa tersebut juga memicu peringatan tsunami, yang disebutkan mengancam hampir semua negara di pesisir Lautan Pasifik.

Menteri Dalam Negeri Chili, Edmundo Perez Yoma, menyebutkan bahwa sejauh ini, gempa terkuat dalam sejarah negerinya setidaknya dalam 50 tahun terakhir itu, telah menelan korban tewas 82 orang. Namun diyakini, jumlah itu masih akan terus bertambah seiring berjalannya upaya evakuasi. Laporan dari Kota Talca, sekitar 105 km dari pusat gempa, menggambarkan gempa terjadi bak seorang raksasa tengah mengguncang-guncang daerah itu.

Kawasan kota tua di Talca dilaporkan dipenuhi oleh puing dan reruntuhan bangunan yang sebagian besar hancur, kendati disebutkan pula kebanyakan adalah tempat usaha yang tak ditinggali pada saat gempa terjadi sekitar pukul 03.34 dinihari waktu setempat. Dari kawasan itu, sejauh ini dilaporkan sejumlah warga berhasil mengeluarkan setidaknya lima orang dari reruntuhan, sementara sebagian besar warga lainnya masih kebingungan.

Sementara itu, dari kawasan lain dilaporkan banyak jalan raya yang rusak, begitu juga dengan listrik, air dan saluran telepon yang dilaporkan terputus di beberapa tempat. Ini membuat laporan korban dan kehancuran masih belum bisa diakses secara penuh dari berbagai kawasan. Pusat gempa sendiri dilaporkan berada sekitar 115 km dari Concepcion, kota kedua terbesar di negeri itu.

TALCA - Sebuah gempa dahsyat berkekuatan 8,8 SR menerjang Chili, Sabtu (27/2) dinihari waktu setempat, atau sekitar Sabtu sore WIB. Gempa dilaporkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News