Masak Beras Langsung Jadi Roti

Masak Beras Langsung Jadi Roti
Gopan dari Sanyo. Foto : AFP
TOKYO - Sanyo melahirkan satu lagi produk canggih. Kemarin (14/7) produsen alat-alat elektronik asal Jepang itu memperkenalkan Gopan, peranti memasak yang bisa mengubah beras menjadi roti dalam waktu sekitar empat jam. Sanyo mengklaim produknya sebagai yang pertama di dunia.

   

"Gopan bisa menggiling bulir-bulir beras menjadi tepung. Setelah itu, tinggal ditambahkan air, ragi, dan beberapa bahan lain ke dalamnya untuk mengubah segenggam beras menjadi roti," terang Juru Bicara Sanyo Liu Yingying seperti dilansir Agence France-Presse.

   

Nama Gopan, menurut Liu, diambil dari kata gohan dan pan. Dalam bahasa Jepang, gohan berarti beras yang dimasak. Sedangkan pan berarti roti dalam bahasa Spanyol. Rencananya, peranti pemasak canggih itu dipasarkan di dalam negeri mulai Oktober. "Kami baru memasarkan Gopan ke negara-negara lain di Asia, terutama Tiongkok dan Asia Tenggara, mulai tahun depan," kata Liu.

   

Harga jual Gopan diperkirakan 50 ribu yen sampai 60 ribu yen (sekitar Rp 5 juta sampai Rp 6 juta). Tiap bulan Sanyo akan memproduksi sekitar 10 ribu unit peranti masak canggih tersebut. Liu yakin, respons masyarakat Jepang terhadap alat masak yang berat totalnya mencapai 11 kilogram itu bakal sangat baik. Dia berharap, Gopan juga bisa diterima dengan baik di negara-negara Asia yang lain. 

TOKYO - Sanyo melahirkan satu lagi produk canggih. Kemarin (14/7) produsen alat-alat elektronik asal Jepang itu memperkenalkan Gopan, peranti memasak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News