Lapan Siap Luncurkan Dua Satelit

Lapan Siap Luncurkan Dua Satelit
Lapan Siap Luncurkan Dua Satelit
JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan meluncurkan dua satelit pada kuartal kedua tahun 2011. Satelit yang diberi nama Lapan-A2 dan Lapan-Orari itu kini sedang dalam proses pematangan desain untuk segera diorbitkan secara mandiri oleh Lapan. Suksesnya peluncuran secara mandiri itu akan menandai era baru perteknologian nasional di bidang teknologi roket dan satelit.

"Integrasi satelit akan dilakukan sepenuhnya di Indonesia," ujar Kepala Pusat Teknologi Elektronika Dirgantara, Lapan, Toto Marnanto Kadri pada workshop Teknologi survei kebumian dan pemetaan di Jakarta, Kamis (8/7) kemarin.

Toto menjelaskan, Lapan-A2 dirancang untuk mendukung upaya mitigasi bencana dengan pengamatan bumi. Satelit itu juga dapat digunakan memperoleh informasi sumber daya alam (SDA), tata ruang dan lingkungan. Fungsi lain Lapan-A2 juga mencover kebutuhan data di bidang cuaca, navigasi kapal laut, transportasi, pendidikan, kesehatan, dan hankam.

Sedangkan Lapan-Orari untuk mendukung Organisasi Radio Amatir Indonesia, dalam upaya mitigasi bencana untuk pengamatan bumi dengan penginderaan jarak jauh, penggunaan lahan, sumber daya alam dan pemantauan lingkungan.

JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan meluncurkan dua satelit pada kuartal kedua tahun 2011. Satelit yang diberi nama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News