Ini Dia Orang Indonesia Pertama yang Akan ke Luar Angkasa

Ini Dia Orang Indonesia Pertama yang Akan ke Luar Angkasa
Rizman Nugraha bersama Buzz Aldrin, mantan astronot AS dan orang kedua yang berjalan di bulan. – foto:dok Axe.

jpnn.com - TANJUNGPANDAN - Indonesia khususnya Bangka Belitung (Babel) patut berbangga. Sebab, orang Indonesia pertama yang akan terbang ke luar angkasa adalah putra asli Kabupaten Belitung. Adalah Rizman Adhi Nugraha yang menjadi pemenang program AXE Apollo Space Academy.

Rizman akan terbang ke luar angkasa bersama pilot dengan pesawat luar angkasa berkapasitas dua orang, XCOR Lynx Mark II. Dengan pesawat itu, Rizman akan menempuh perjalanan hingga 103 km dengan durasi 60 menit.

Rizman adalah satu di antara 23 orang yang akhirnya lolos seleksi untuk terbang ke luar angkasa lewat AXE Apollo Space Academy. Ia telah menjalani pelatihan di markas besar AXE Apollo Space Academy di Kennedy Space Center, Florida. Rizman berlatih bersama Buzz Aldrin, astronot Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, sekaligus orang kedua yang mendarat di permukaan Bulan.

Usman Hasan (60), orang tua dari Rizman Adhi Nugraha kepada Radar Bangka (Grup JPNN) mengaku, tidak pernah terpikir jika anaknya akan terbang ke luar angkasa. Warga Jalan Hasyim Idris, Tanjungpandan, Belitung ini mengaku, sempat tidak percaya akan hal tersebut.

"Awalnya kita tidak tahu. Soalnya lagi berangkat haji. Baru dikasih tahu saat dia meminta surat izin ke kita," cerita Usman Hasan, kemarin (29/12). Pensiunan Kepala Bandara H.A.S Hanandjoeddin Tanjungpandan ini menjelaskan, anaknya saat ini bekerja sebagai operator komputer di salah satu perusahaan swasta di Jakarta.

Saat anaknya mendaftarkan diri untuk mengikuti kompetisi AXE Apollo Space Academy, ia dan istrinya Rama Yani (46) sendiri tidak tahu.

Rizman kata dia, baru memberi tahu saat dirinya sudah masuk basecamp di Pondok Cabe Jakarta pada Oktober lalu.

"Kita baru dikasih tahu saat dia (Rizman, Red) meminta surat izin dari orang tua, tantenya nelpon nanya ngembolehin apa engak, baru kita tahu. Yang bikin surat izinnya juga tantenya di Jakarta," sambungnya.

TANJUNGPANDAN - Indonesia khususnya Bangka Belitung (Babel) patut berbangga. Sebab, orang Indonesia pertama yang akan terbang ke luar angkasa adalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News