1,4 Juta Guru Belum Berijazah S1

Kemdiknas Siapkan Beasiswa bagi 300 Guru

1,4 Juta Guru Belum Berijazah S1
1,4 Juta Guru Belum Berijazah S1
JAKARTA - Terkait masalah peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, Wakil Menteri Pendidikan (Wamendiknas) Fasli Jalal membeberkan bahwa hingga saat ini masih ada sekitar 1,4 juta guru di Indonesia yang belum memenuhi kualifikasi pendidikan S1. Dengan kondisi tersebut, Fasli menegaskan, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan siap mengalokasikan dana beasiswa untuk 300 guru setiap tahunnya, untuk melanjutkan kuliah di universitas terbuka (UT).

"Rencananya, program beasiswa ini akan dikelola bersama UT, mengingat UT merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki proses belajar yang fleksibel," kata Fasli kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (5/5).

Dijelaskan Wamendiknas lagi, kualifikasi S1 tersebut juga merupakan salah satu syarat bagi para guru untuk mengikuti uji sertifikasi. Menurutnya, hal tersebut penting agar para guru memperoleh penambahan kesejahteraan. Lebih jauh, Fasli juga mengingatkan para guru untuk tidak sembarangan dalam memilih perguruan tinggi demi meningkatkan kualifikasi akademisnya, agar kompetensi mereka benar-benar meningkat.

"Pembelajaran ada yang menggunakan modul independen, internet, bahan-bahan multimedia, dan ada juga (dengan) kunjungan dosen ke lokasi-lokasi guru berkumpul. Tetapi saat ini program beasiswa dialokasikan ke UT," ucap Fasli lagi.

JAKARTA - Terkait masalah peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, Wakil Menteri Pendidikan (Wamendiknas) Fasli Jalal membeberkan bahwa hingga saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News