5 Cara Sederhana Atasi Sulit Tidur

5 Cara Sederhana Atasi Sulit Tidur
Tidur. Foto: Meetdoctor

jpnn.com - Sulit tidur bisa terjadi karena berbagai macam kondisi. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, sulit tidur atau insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan memulai tidur atau mempertahankan tidur.

“Insomnia tidak hanya akan menurunkan energi dan mengganggu mood, tapi juga bisa memengaruhi kesehatan dan menurunkan kualitas hidup,” ujar dr. Astrid.

Dr. Astrid menjelaskan kualitas tidur yang buruk akibat insomnia dapat memengaruhi kondisi fisik maupun mental. Beberapa keadaan yang bisa terjadi akibat keadaan tersebut, di antaranya:

Prestasi kerja atau sekolah akan menurun, meningkatkan risiko kecelakaan jika mengendarai kendaraan bermotor, gangguan psikiatri, seperti perasaan cemas berlebih dan depresi.

Kemudian kelebihan berat badan atau obesitas, mudah tersinggung dan emosi, meningkatkan risiko hipertensi atau darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes mellitus.

Cara Mengatasi Sulit Tidur

Jangan sampai sulit tidur mengganggu aktivitas atau bahkan menurunkan kualitas hidup Anda. Dilansir dari Prevention, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan tidur:

1. Jauhkan gawai menjelang tidur

Mengalami kesulitan tidur akibat satu dan lain hal? Ini cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah sulit tidur.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News