Begini Rekayasa Parkir untuk Rombongan Raja Salman

Begini Rekayasa Parkir untuk Rombongan Raja Salman
Ilustrasi. Foto dok jpnn.com

jpnn.com - jpnn.com - Kunjungan rombongan besar dari Kerajaan Arab Saudi, yang dipimpin langsung Raja Arab Saudi Yang Mulia Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Jakarta, juga dipersiapkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Udara dan pihak bandara terkait.

Selain akan diberlakukan Notice to Airman (Notam) untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Bandara Soekarno Hatta.

Juga telah direncanakan rekayasa parkir untuk pesawat-pesawat rombongan tersebut, yang terdiri dari empat pesawat Boeing B747 seri 400 dan 200, dua pesawat Boeing B777 dan dua pesawat C-130 Hercules.

"Pesawat VVIP Raja akan diparkir dan menginap di tempat parkir (parking stand) B27. Sebagai alternatif, pesawat VVIP tersebut juga bisa ditempatkan di tempat parkir B17," ujar Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Agoes Soebagio.

Sedangkan pesawat pendukung akan diparkir di tempat parkir B22-B26.

"Jika menginap, pesawat pendukung akan ditempatkan di Apron Selatan atau dipindahkan ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Bandara Juanda, Surabaya," jelas Agoes.

Untuk dua pesawat C-130 Hercules akan ditempatkan di tempat parkir B28-B29.

Menurut Agoes, pengaturan parkir tersebut perlu dilakukan karena sebagian besar pesawat tersebut berjenis badan besar (widebody).

Kunjungan rombongan besar dari Kerajaan Arab Saudi, yang dipimpin langsung Raja Arab Saudi Yang Mulia Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Jakarta,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News