Diabetes Tipe Satu Dapat Dipicu Oleh Virus Umum

Diabetes Tipe Satu Dapat Dipicu Oleh Virus Umum
Suntik Vaksin. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - jpnn.com - Sebuah studi terbbaru menunjukkan bahwa virus umum bisa meningkatkan risiko anak-anak untuk mengembangkan diabetes tipe 1. Studi tersebut dapat meningkatkan kemungkinan bahwa vaksin mungkin suatu hari bisa membantu mencegah penyakit ini.

Penelitian ini bukan yang pertama untuk membuat koneksi antara enterovirus dan diabetes.

Enterovirus adalah kelompok virus yang biasanya menyebabkan penyakit ringan, seperti flu biasa.

Namun strain tertentu enterovirus seperti virus polio, enterovirus-D68 dan coxackievirus bisa menyebabkan gejala yang lebih serius.

Penelitian sebelumnya juga telah menemukan bahwa anak-anak yang terkena enterovirus lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 1, penyakit autoimun yang merusak sel penghasil insulin di pankreas dibandingkan mereka yang tidak.

Untuk lebih mempelajari link ini, para peneliti di University of Tampere di Finlandia meneliti lebih dari 1.600 sampel tinja dari 129 anak-anak yang baru-baru ini mengembangkan diabetes dan 282 anak non-diabetes.

Mereka menemukan perbedaan yang signifikan antara dua kelompok yakni hanya 60 persen dari kelompok kontrol menunjukkan tanda-tanda infeksi sebelumnya, dibandingkan 80 persen dari kelompok anak yang baru mengalami diabetes.

Hasil yang diterbitkan dalam jurnal Diabetologica juga menemukan bahwa infeksi enterovirus biasanya terjadi lebih dari satu tahun sebelum anak-anak dinyatakan positif autoantibodi, tanda pertama dari diabetes tipe 1.

Sebuah studi terbbaru menunjukkan bahwa virus umum bisa meningkatkan risiko anak-anak untuk mengembangkan diabetes tipe 1. Studi tersebut dapat meningkatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News