DPR Anggap Menteri Yuddy Sedang Cari Popularitas

DPR Anggap Menteri Yuddy Sedang Cari Popularitas
Agus Hermanto. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Langkah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi membuka Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) tahun 2015, disebut hanya untuk mencari popularitas.

Hal ini dikatakan Wakil Ketua DPR Agus Hermanto di gedung DPR Jakarta, Rabu (6/1). Menurutnya, penilaian kinerja kementerian dan lembaga (K/L) yang dilakukan KemenPAN-RB tidak masuk dalam tugas pokok dan fungsinya. Apalagi bila dilakukan tanpa ada instruksi presiden. 

Seharusnya, lanjut Agus, penilaian kinerja semacam itu seharusnya dikembalikan kepada lembaga kepresidenan atau BPK. Sehingga tidak ada nuansa mencari popularitas yang dilakukan Menteri Yuddy terhadap sesama menteri dalam kabinet. 

"Ini nuansa untuk mencari popularitas untuk menaikkan kementeriannya, sehingga tidak bisa dijadikan acuan yang akurat. Kalau misalkan disuruh presiden tunjukan suratnya ke media, tunjukkan dong," kata Agus.

Sebelumnya, KemenPAN-RB telah merilis LAKIP puluhan K/L di pusat tahun 2015, serta ratusan pemerintahan daerah. Namun, tindakan MenPAN membuka laporan tersebut dinilai keterlaluan dan bersifat politis. Apalagi, KemenPAN-RB ikut menilai dirinya sendiri. (fat/jpnn)


JAKARTA - Langkah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi membuka Laporan Akuntabilitas Kinerja


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News