Gagah dan Sangar, Ini Jip Jokowi Inspeksi Pasukan HUT TNI

Gagah dan Sangar, Ini Jip Jokowi Inspeksi Pasukan HUT TNI
P6-ATAV telah dipersiapkan dengan pemasangan karpet merah dan plat “Indonesia 1.”. Foto: Iwan Hermawan-Indomiliter

jpnn.com, CILEGON - Salah satu rangkaian wajib dalam perayaan HUT TNI adalah inspeksi pasukan peserta upacara. Tradisi ini tak bisa dianggap sepele, butuh kendaraan taktis atau rantis yang oke, berkelas dan dijamin tidak mogok.

Indomiliter melansir, tujuh dekade perayaan HUT TNI, belum sekali pun presiden selaku inspektur upacara menggunakan jip atau rantis produksi dalam negeri.

Di era Bung Karno, inspeksi pasukan menggunakan Land Rover. Sementara di jaman Pak Harto menggunakan jip CJ7 dan Mercedes Benz G Class. Di era Presiden RI berikutnya dominan memakai jip Mercy G Class.

Gagah dan Sangar, Ini Jip Jokowi Inspeksi Pasukan HUT TNI

Presiden Soekarno dengan Land Rover. Foto: from Indomiliter

Nah dari penelusuran Indomiliter, HUT ke-72 TNI di Cilegon ini, Pak Jokowi disebut-sebut akan melakukan inspeksi dengan rantis P6-ATAV (all terrain assault vehicle) 4×4, jenis rantis serbu untuk pasukan elite, yang saat ini telah dioperasikan Kopassus TNI AD dan DenBravo Paskhas TNI AU.

Beberapa foto yang didapat Indomiliter memperlihatkan rantis P6-ATAV telah dipersiapkan dengan pemasangan karpet merah dan plat “Indonesia 1.”

Dari aspek desain dan tampilan, menggunakan P6-ATAV untuk inspeksi pasukan akan terlihat lebih gagah dan sangar, maklum rantis ini punya ‘bentuk’ yang tak biasa.

Jip yang sama dipakai oleh Kopassus dan Paskhas saat melakukan penyerbuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News