Selamat HUT Ke-78, bagi PDIP, TNI Kokoh pada Rakyat, Patriot NKRI Sejati

Selamat HUT Ke-78, bagi PDIP, TNI Kokoh pada Rakyat, Patriot NKRI Sejati
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan mengucapkan selamat HUT Ke-78 kepada TNI. PDIP menilai saat ini TNI mampu menampilkan jati dirinya sebagai tentara profesional, patriot NKRI sejati, dan kekuatan pertahanan negara yang disegani di dunia internasional.

TNI semakin memperkuat jati dirinya sebagai tentara yang berasal dari rakyat, semakin profesional dengan postur yang semakin membanggakan. Ke depan kekuatan pertahanan negara harus dibangun dengan cara pandang geopolitik," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Kamis (5/10).

Dalam cara pandang geopolitik Soekarno, lanjut dia, kekuatan pertahanan dibangun sebagai bauran dari instrument of national power yang berkaitan dengan kepentingan nasional, politik, sains dan teknologi, teritorial, koeksistensi damai, sumber daya alam, demografi, dan militer.

"Di sini doktrin, strategi, dan postur pertahanan harus didasarkan pada jati diri Indonesia sebagai negara kelautan yang menyatukan kepulauan, dan proaktif menjadi peace facilitator di dalam berbagai konflik geopolitik," kata Hasto.

Dosen Universitas Pertahanan RI itu mengatakan kekuatan pertahanan negara harus mengabdi pada kepentingan nasional yang senapas dengan upaya menjaga perdamaian dunia.

“Dengan misi menjaga perdamaian dunia dan mengikis berbagai bentuk imperialisme dan kolonialiesme tersebut maka kekuatan pertahanan dibangun dengan memahami konstelasi global. Diplomasi pertahanan, diplomasi luar negeri, perdagangan, diplomasi budaya dan lain-lain harus menyatu menjadi satu kesatuan perjuangan bagi kepentingan nasional Indonesia," tegas Hasto. (tan/jpnn)


PDIP menilai saat ini TNI mampu menampilkan jati dirinya sebagai tentara profesional, patriot NKRI sejati.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News