TNI AL dan 9 Negara Sahabat Kerahkan Kapal Perang ke Filipina, Ada Apa?

TNI AL dan 9 Negara Sahabat Kerahkan Kapal Perang ke Filipina, Ada Apa?
Kapal Perang TNI Angkatan Laut bernama KRI Frans Kaisiepo-368. Ilustrasi. Foto: Dispenal

jpnn.com, MANILA - TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan sembilan Angkatan Laut negara sahabat lain mengikuti Joint Naval Exercise SAMASAMA di Filipina.

Kegiatan ini telah dibuka pada hari Senin (2/10) dan akan berlangsung selama dua minggu ke depan.

Kegiatan ini merupakan latihan drill Angkatan Laut yang cukup besar di wilayah regional.

TNI AL dan negara sahabat mengerahkan sejumlah kapal perang dalam latihan ini seperti pesawat tempur, helikopter, dan pasukan militer dikerahkan dalam latihan ini.

Adapun negara yang terlibat dalam latihan ini adalah Amerika, Filipina, Jepang, Inggris, Kanada, Prancis, Australia, Selandia Baru, dan Indonesia.

Dinas Penerangan TNI AL dalam keterangan tertulis menyebutkan latihan ini bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan  profesionalisme militer peserta latihan, namun juga untuk meningkatkan hubungan baik dan saling pengertian antar negara peserta latihan serta menjaga kesetabilan keamanan di kawasan.

Exercise SAMASAMA kali ini dilaksanakan dalam tiga tahapan. Tahap pertama adalah tahap Shore Phase, berupa kegiatan Opening Ceremony, Seminar, Subject Matter Expert Exchange (SMEE), Ships Reception, Synchronization, dan Pre-Sail.

Selanjutnya tahap kedua adalah tahap Sea Phase dengan materi latihan tactical maneuvering, sensing, replenishment at sea, dan beberapa serial latihan.

TNI AL dan sejumlah negara sahabat mengerahkan sejumlah kapal perang seperti pesawat tempur, helikopter, dan pasukan militer ke Filipina.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News