Gandeng Empat Tunanetra, Andini Bentuk Catur Band

Gandeng Empat Tunanetra, Andini Bentuk Catur Band
Andini bersama personel Catur Band. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Penyanyi Andinia Kamalia semakin serius menancapkan kakinya di industri musik tanah air. Setelah sebelumnya tampil solo lewat single Kamu dan Abu-abu, dia kini tampil dalam format band.

Lagu berjudul Malam Minggu dan Bukan Dia, menjadi debutnya bersama Catur Band. Tak hanya itu, dia juga mengganti nama panggungnya menjadi Andini.

Menariknya, Catur band merupakan metamorfosis dari Remikustik yang dibentuk Andini bersama empat orang tunanetra, yakni Oki, Fakhri, Zul dan Rifki.

“Sejak 29 Agustus kemarin sih, kami resmi menggunakan nama Catur band dengan genre musik akustik. Kalau aku sendiri menggunakan nama Andini,” katanya saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Andini, perubahan itu dilakukan guna memudahkan dalam penyebutan dan juga untuk membedakan dengan penyanyi lain. “Catur sendiri sebuah doa. Dengan harapan semoga grup musik Catur ini, dapat eksis dalam percaturan musik Indonesia, selain itu catur itu sendiri berarti empat, ibarat sebuah meja dengan empat kakinya akan kokoh, demikian juga harapan grup musik ini akan tetap kokoh walau dengan terpaan apapun,” papar Andini.

Meski mengubah nama panggung dan bandnya, Andini rupanya tetap konsisten dalam menulis lirik lagu. Dia masih akan mengangkat tema masalah – masalah sosial di masyarakat. “Kalaupun buat lagu cinta, bentuknya tidak seperti cinta yang dibawakan penyanyi lain,” tukasnya.

Selain itu, Andini juga akan tetap konsisten bekerja sama dengan musisi penyandang disabilitas. Sebelumnya, dia sempat membentuk grup musik dengan penyandang tuli bersama Osvaldo Rio. Dalam grup itu, salah satu personelnya adalah Surya Sahetapy dan merilis single berjudul Show Your Love.

“Sekarang aku bermusik dengan kaum tunanetra, dan memang seru. Saya malah seperti baru belajar bermain musik. Soalnya mereka itu sangat peka dalam urusan nada. Wah kalau bicara nada mereka sangat peka,” ungkap Andini yang lulusan Universitas Deaken, Australia ini.

Membentuk Catur Band bersama empat penyandang tunanetra, Andini makin serius di industri musik tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News