Heboh Penemuan Harta Karun, Ini Kata Pemangku Kesultanan

Heboh Penemuan Harta Karun, Ini Kata Pemangku Kesultanan
Jumadi dan benda bersejarah yang ditemukannya. Foto: Radar Tarakan

jpnn.com - TARAKAN – Penemuan benda bersejarah di Sungai Sebengkok, Kalimantan Utara, Rabu (27/7) masih menimbulkan kehebohan. Benda-benda itu disebut-sebut peninggalan Kesultanan Bulungan.

Namun, Pemangku Kesultanan Bulungan Dt Abdul Hamid mengaku belum bisa memastikannya.

“Bisa saja itu merupakan harta Kesultanan Bulungan dulunya, tapi itu juga belum pasti. Kami tidak tahu juga, karena itu di sungai yang dulunya memang dalam dan bisa dimasuki oleh kapal,” ujarnya, Sabtu (30/7).

Pihak Kesultanan Bulungan berharap Pemerintah Kota Tarakan sigap mengambil tindakan dan langsung melihat benda itu dengan melibatkan ahli.

“Karena bisa jadi ada yang sengaja membuat-buat itu lalu ditenggelamkan dan ditemukan oleh warga ini. Intinya dilihat dulu barang itu benar atau tidak, jika benar alhamdulillah,” tuturnya.

Jika memang benar itu merupakan benda kuno, Abdul berharap pemerintah setempat agar membeli barang tersebut dan menyimpannya. Tujuannya untuk bukti bahwa pernah ada kerajaan di Tarakan.

“Memang dulu, di Tarakan itu ada ratunya yang datang dari Suku Tidung Tarakan, namanya Ratu Intan yang merupakan istri dari Raja Bulungan,” sebutnya. (iwk/ans/ddq/jos/jpnn)


TARAKAN – Penemuan benda bersejarah di Sungai Sebengkok, Kalimantan Utara, Rabu (27/7) masih menimbulkan kehebohan. Benda-benda itu disebut-sebut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News