India dan Pakistan Sudah Berkonflik dari Lahir, Begini Sejarahnya

India dan Pakistan Sudah Berkonflik dari Lahir, Begini Sejarahnya
Pilot India ditangkap setelah pesawatnya berhasil ditembak jatuh militer Pakistan. Foto: YouTube

jpnn.com - India tidak suka Pakistan dan begitupun sebaliknya. Tidak ada yang baru. Kedua negara bertetangga itu sudah berkonflik sejak mereka lahir.

Dua negara yang perayaan hari kemerdekaannya berbeda satu hari ini telah berperang sejak Inggris melepas koloninya di Asia Selatan pada 1947. Wilayah pegunungan Kashmir menjadi jantung pertikaian.

Seperti dilansir Sky News, Kashmir berbatasan dengan kedua negara dan dibagi menjadi bagian India dan Pakistan. Keduanya percaya bahwa wilayah itu harus menjadi milik mereka sepenuhnya.

Klaim Pakistan didasarkan pada fakta bahwa mayoritas penduduk daerah itu adalah muslim, sementara New Delhi mengklaim kepemilikan karena, pada bagian, penguasa daerah saat itu memilih untuk bergabung dengan India.

1947-1948

Pertumpahan darah besar terjadi setelah warga muslim di bekas koloni Inggris memilih untuk membentuk negara sendiri yang terpisah dari India. Pada Agustus 1947, pemisahan antara Pakistan dan India disepakati.

Sekitar setengah juta orang tewas dalam kekerasan komunal setelah negara-negara itu dibentuk. Banyak juga warga yang kehilangan rumah.

Namun, konflik pertama antara kedua negara dimulai pada Oktober 1947. Pemicunya, dukungan Pakistan terhadap pemberontakan muslim di Kashmir.

India tidak suka Pakistan dan begitupun sebaliknya. Tidak ada yang baru. Kedua negara bertetangga itu sudah berkonflik sejak mereka lahir.

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News