Ini Peran Tokoh Penerima Bhinneka Tunggal Ika Award

Ini Peran Tokoh Penerima Bhinneka Tunggal Ika Award
Politikus PDIP Ahmad Basarah mewakili Megawati menerima Bineka Tunggal Ika Award 2017 yang diserahkan Dirut LKBN Antara Meydiatama Suryodiningrat, Senin (22/5). Foto: M Fathra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 12 orang tokoh menerima penghargaan Bineka Tunggal Ika Award 2017 dari LKBN Antara dan Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), di Jakarta, Senin (22/5).

Direktur LPI Boni Hargens mengatakan penghargaan tersebut diberikan karena peran para tokoh tersebut dalam menjaga keutuhan NKRI.

Dari penilaian LPI diketahui bahwa Megawati Soekarnoputri (Presiden RI ke-5 sekaligus ketua umum DPP PDI Perjuangan) diberikan award karena sebagai tokoh bangsa sekaligus "ibu bangsa”. Putri Proklamator itu dinilai tegar dalam memperjuangkan keutuhan NKRI.

Bagi Megawati, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan kebinekaan adalah final. Dia memiliki pendirian tegas tentang empat pilar utama tersebut. Bahkan seluruh perjuangan politiknya difokuskan pada upaya menjaga Empat Pilar. Semangat itu tampak dalam praktik politiknya, baik ketika menjabat Presiden RI kelima, maupun sebagai ketum partai.

Megawati dalam kiprah politiknya memperlihatkan keberpihakan pada hak minoritas, kosen pada toleransi umat beragama, komitmen pada kemanusiaan, teguh dalam mempertahankan keutuhan NKRI dan memperjuangkan politik yang berasaskan keadilan.

Sementara Oesman Sapta Odang (tokoh senior sekaligus ketua DPD RI), selama berada di MPR RI sangat aktif mengampanyekan Empat Pilar ke seluruh pelosok negeri dengan memberdayakan para mahasiswa di kampus, LSM, kelompok masyarakat adat. Suaranya selalu dibutuhkan untuk memecahkan berbagai persoalan kebangsaan yang dibahas di DPR/MPR.

Tokoh asal Kalimantan Barat ini dinilai memiliki pemikiran dan sikap yang mencerminkan nilai-nilai ke-Indonesiaan. Keberpihakan terhadap masyarakat perbatasan dan dalam menjaga perdamaian dan keutuhan di daerah konflik, menjadi poin besar yang membuatnya pantas memperoleh penghargaan ini.

Sementara Jenderal Polisi Budi Gunawan (kepala BIN), perannya dalam menyiapkan informasi akurat terkait pengamanan Pilkada serentak 2017 mesti dicatat sebagai keberhasilan. Sebab, tidak mudah memastikan pesta demokrasi itu berlangsung aman dan tetib. Pilkada DKI menjadi tugas terberat kepala BIN. Apalagi pesta demokrasi itu sempat berjalan panas.

Sebanyak 12 orang tokoh menerima penghargaan Bineka Tunggal Ika Award 2017 dari LKBN Antara dan Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), di Jakarta, Senin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News