Israel Akui Pakai Bom Fosfor

Israel Akui Pakai Bom Fosfor
HUJAN API - Sebuah misil Israel yang menggunakan bom fosfor, meledak dan menjatuhkan peluru-peluru api di Jalur Gaza, Januari 2009 lalu. Foto: Internet.
YERUSALEM - Ini pengakuan tidak langsung Israel bahwa mereka telah melakukan kejahatan perang di Jalur Gaza. Senin (1/2) kemarin, negeri Yahudi itu mengumumkan bahwa dua petinggi militer mereka, Brigadir Jenderal Eyal Eisenberg dan Kolonel Ilan Maalka, dinyatakan bersalah karena menyetujui penggunaan bom fosfor putih, saat menyerang Bait Lahiya, sebuah area padat penduduk, pada 17 Januari 2009 lalu.

"Sebagai komandan divisi dan pasukan, apa yang dilakukan keduanya telah membahayakan kehidupan orang lain," tulis media setempat, Haaretz, seperti dikutip AFP.

Eisenberg dan Maalka diperiksa oleh tim investigasi bentukan militer Israel. Keduanya disebutkan bakal dikenai sanksi disiplin. Tapi, harian beraliran kiri itu tak menyebutkan bentuk hukuman tersebut.

Selama ini, hukum internasional melarang penggunaan fosfor putih di kawasan padat penduduk. Tapi, penggunaan di area terbuka diizinkan. Tujuannya adalah untuk mengkamuflasekan keberadaan pasukan.

YERUSALEM - Ini pengakuan tidak langsung Israel bahwa mereka telah melakukan kejahatan perang di Jalur Gaza. Senin (1/2) kemarin, negeri Yahudi itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News