Kapal Perintis GT 1200 Diluncurkan

Kapal Perintis GT 1200 Diluncurkan
Ilustrasi. Kapal. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut meluncurkan satu unit kapal perintis tipe GT 1200 di Semarang (6/6).

Kapal perintis yang diberi nama KM Sabuk Nusantara 106 tersebut diluncurkan secara resmi oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Ditjen Perhubungan Laut, Bay M Hasani yang mewakili Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono.

Peluncuran kapal tersebut sebagai salah satu bentuk nyata dari upaya pemerintah untuk hadir mempersatukan seluruh wilayah Indonesia dengan menyediakan sarana transportasi laut yang memadai melalui pengadaan kapal perintis.

"Kami menyambut baik peluncuran kapal perintis tersebut sebagai sarana pemersatu antar wilayah di Indonesia," ujar Bay saat meresmikan peluncuran kapal.

Rencananya kapal akan ditempatkan di wilayah perairan yang melewati ketinggian gelombang rata-rata di atas 2 meter yang umumnya terdapat di wilayah Samudera Hindia dan Indonesia Bagian Tengah/Timur.

Bay menyebutkan dalam kurun waktu 2015 sampai 2017, Ditjen Hubla Kemenhub telah membangun 100 unit kapal perintis.

"Pemerintah terus berupaya meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana transportasi laut sebagai wujud komitmen Kementerian Perhubungan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan transportasi kepada masyarakat," jelas Bay.(chi/jpnn)


Direktorat Jenderal Perhubungan Laut meluncurkan satu unit kapal perintis tipe GT 1200 di Semarang (6/6).


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News