Kapolri Dapat Gelar Datok dari Kerajaan Riau-Lingga

Kapolri Dapat Gelar Datok dari Kerajaan Riau-Lingga
Kapolri Jenderal Tito Karnavian

jpnn.com - jpnn.com - ‎Majelis Agung Istiadat Penganugerahan Darjah Kebesaran Riau-Lingga memberikan gelar Datok Perdana Satria Wangsa kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Gelar tersebut diberikan saat Tito berkunjung ke Kepulauan Riau, Sabtu (21/1).

Pemberian gelar diserahkan langsung oleh Raja oleh Raja Haji Izharuddin ibni Raja Ismai‎l. Penganugerahan gelar Tito karena ‎meningkatkan Polda Kepulauan Riau menjadi tipe A, menjaga kebinekaan, dan berperan menjaga kedamaian di Indonesia.

Tito yang mendapatkan gelar datok mengaku sangat tersentuh. Dia juga berterima kasih kepada Kerajaan Kepulauan Riau beserta warganya yang telah mendukung Polri.

"Jadi ini saya merasa mendapat berkah. Karena Kerajaan Riau Lingga sangat besar sehingga membentuk rumpun melayu," ucap dia usai mendapat gelar datok di Balai Adat Indra Perkasa, Pulau Penyengat, Kepulauan Riau‎.

Sebagai informasi, gelar yang dianugerahi kepada Tito itu merupakan gelar tertinggi yang diberikan Perhimpunan Zuriat Agung Kerajaan Riau Lingga kepada perorangan.

Pemberian gelar itu merupakan adat istiadat yang sudah dilakukan secara turun temurun. Caranya dengan penyematan selempang, medali, keris dan tanjak, serta pemberikan piagam penganugrahan oleh Duli Yang Amat Mulya, Seri Paduka Baginda Yang Dipertuan Besar Tengku Husein Ibni Tengku Saleh Damnah Lingga.

Lalu juga dikarenakan Mabes Polri telah mendirikan Sekolah Kepolisian Negara (SPN) di Tanjungbatu Kepri, juga putra-purti Kepri banyak direktut menjadi anggota Kepolisian.

Dan yang terakhir, Tito merupakan putra Indonesia terbaik dari rumpun Bangsa Melayu. Atas dasar itulah gelar Datok Perdana Satria Wangsa diberikan kepadanya. (Mg4/jpnn)


 ‎Majelis Agung Istiadat Penganugerahan Darjah Kebesaran Riau-Lingga memberikan gelar Datok Perdana Satria Wangsa kepada Kapolri Jenderal


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News