Kemenhub Gandeng Pihak Ketiga Kelola Jembatan Timbang

Kemenhub Gandeng Pihak Ketiga Kelola Jembatan Timbang
Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto saat meninjau kesiapan Jembatan Timbang di Tuban, Jawa Timur, Jumat (3/3). Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, SEMARANG - Kementerian Perhubungan menyelenggarakan Sosialisasi Pilot Project Pengelolaan Jembatan Timbang di Semarang, Rabu (20/9).

"Kementerian Perhubungan melibatkan pihak ketiga untuk melakukan kajian dalam rangka mencari bagaimana wujud pengelolaan Jembatan Timbang yang ideal," kata Plt. Direktur Pembinaan Keselamatan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Pandu Yunianto.

Seperti bagaimana standar ideal Jembatan Timbang yang baik kedepannya, apakah lokasi Jembatan Timbang saat ini masih layak jika dikaitkan dengan perkembangan wilayah, kota, dan jalan?

"Hal ini yang perlu dikaji," katanya.

Terdapat 141 jembatan timbang, 26 yang dioperasikan, dan sembilan di antaranya dijadikan pilot project.

Ada tujuh lokasi Jembatan Timbang yang dijadikan pilot project oleh pihak ketiga, yaitu Losarang, Wanareja, Widang, Widodaren, Seumadam, Sarolangun, Senawar Jaya.

Kemudian dua pilot project jembatan timbang dilaksanakan oleh Ditjen Perhubungan Darat yaitu Balonggandu dan Macoppa.

"Saya pribadi punya gagasan untuk memberi efek jera yaitu kendaraan yang melakukan pelanggaran muatan lebih tidak boleh melanjutkan perjalanan," kata Pandu.

Kementerian Perhubungan melibatkan pihak ketiga untuk melakukan kajian dalam rangka mencari bagaimana wujud pengelolaan Jembatan Timbang yang ideal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News