Labuan Bajo Terus Bersolek demi Memikat Turis

Labuan Bajo Terus Bersolek demi Memikat Turis
Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya (bertopi bundar) saat mengunjungi Labuan Bajo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada awal Maret lalu. Foto: Pokja 10 Destinasi Prioritas Kemenpar untuk Labuan Bajo

jpnn.com, MANGGARAI BARAT - Labuan Bajo yang kini masuk dalam 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus bersolek. Satu dari 10 Bali Baru itu pun berbenah dari sisi sumber daya manusia (SDM) maupun infrastruktur penunjangnya.

Rencananya, pemerintah akan membentuk Badan Otoritas Pariwisata (BOP) Labuan Bajo. Akan ada pertemuan lintas kementerian demi membuat BOP Labuan Bajo yang kini masih menunggu proses delineasi oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang di Kawasan Batu Cermin dan Hutan Produksi Bowo Sie di Kabupaten Manggarai Barat.

Person in charges (PIC) Pokja 10 Destinasi Prioritas Kemenpar untuk wilayah Labuan Bajo, Shana Fatina mengatakan, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) Siti Nurbaya pada awal Maret lalu telah mengunjungi destinasi yang dikelolanya. Tujuannya juga dalam rangka meninjau kesiapan pendukung BOP Labuan Bajo.

Kini sudah ada program #bebassampah2020. “Programnya telah berjalan sejak 25 Februari 2017,” ujar Shifa.

Lebih lanjut Shifa mengatakan, Labuan Bajo juga akan menjadi tuan rumah festival film dokumenter pada Agustus mendatang. Kegiatan yang digelar InDocs itu akan mengundang peserta dari 28 negara. “Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif, red) dan Kemenpar akan men-support gathering dan meeting-nya,” tuturnya.

Sedangkan pada Oktober 2017 mendatang, akan ada Science Film Festival 2017 di Labuan Bajo. Penyelenggaranya adalah Goethe Institute.

Sedangkan berdasar laporan Tim Pemasaran Mancanegara, akan ada FamTrip Diving dari Korea Selatan pada 29 Mar-3 April. Shifa menjelaskan, kegiatan itu akan diawali dengan rangkaian Deep and Extreme Expo di Labuan Bajo.

Untuk aksesabilitas pun Labuan Bajo terus memoles diri. Ada pengembangan Bandara Komodo yang dilakukan PT Angkasa Pura 1.

Labuan Bajo yang kini masuk dalam 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus bersolek. Satu dari 10 Bali Baru itu pun berbenah

Sumber kemenpar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News