TNI AL Tingkatkan Pengamanan Arus Mudik Lebaran di Labuan Bajo

TNI AL Tingkatkan Pengamanan Arus Mudik Lebaran di Labuan Bajo
Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Labuan Bajo bersama instansi terkait bersinergi dalam pengamanan arus mudik Hari Raya Idulfitri 1445 H/2024 M di Pelabuhan Pelindo Multipurpose III, Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, Labuan Bajo ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Senin (8/4). Foto: Dispenal

jpnn.com, LABUAN BAJO - TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Labuan Bajo bersama instansi terkait bersinergi dalam pengamanan arus mudik Hari Raya Idulfitri 1445 H/2024 M di Pelabuhan Pelindo Multipurpose III, Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Labuan Bajo, Senin (8/4).

Pengamanan arus mudik menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 H ini tergabung dalam Pam Terpadu Angkutan Laut Lebaran 1445 H/2024 M dengan mengerahkan sebanyak 15 personel dari Lanal Labuan Bajo dan gabungan personel dari Polres Mabar, Pelindo III, KSOP, dan Syabandar.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu kelancaran masyarakat dalam melaksanakan perjalanan menuju tempat tujuan antarpulau di wilayah Provinsi NTT, tepatnya Labuan Bajo ibu kota Kabupaten Manggarai Barat.

Pelaksanaan pengamanan salah satunya terhadap K.M Dharma Rucitra VIII dengan tujuan Ende-Labuan Bajo-Lembar-Surabaya saat melaksanakan proses embarkasi dan debarkasi penumpang.

Komandan Lanal Labuan Bajo Letkol Laut (P) Iwan Hendra Susilo menyampaikan prajurit Lanal Labuan Bajo turut mendukung dalam hal pengamanan (security area) di perairan maupun Pelabuhan.

Pasalnya, arus mudik di Pelabuhan Pelindo Multipurpose III Wae Kelambu mengalami peningkatan penumpang sebanyak 40 persen dari hari normal ketika lebaran akan meningkatnya jumlah penumpang mudik yang menggunakan Kapal.

"Sehingga perkuatan dalam memonitoring penumpang dan keluar masuk kapal sebagai hal utama demi kelancaran Lebaran Tahun 2024,” ujar Danlanal Labuan Bajo.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit TNI AL yang tengah menjalankan tugas untuk senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan dalam pengamanan arus mudik Hari Raya Idulfitri 1445 H/2024 M jalur darat, laut, maupun udara.

TNI AL dalam hal ini prajurit Lanal Labuan Bajo bersama instansi terkait bersinergi dalam pengamanan arus mudik Hari Raya Idulfitri 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News