Mbak Puan Berpeluang Jadi Ketua DPR, Begini Respons Eva Sundari

Mbak Puan Berpeluang Jadi Ketua DPR, Begini Respons Eva Sundari
Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari. FOTO: JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Nama politikus partai pemenang Pemilu 2019, PDI Perjuangan Puan Maharani santer dikabarkan akan didapuk menjadi ketua DPR periode 2019-2024.

Secara aturan di UU MD3, PDI Perjuangan selaku pemenang pemilu berhak mendapat posisi ketua DPR. Jika terwujud, Puan akan menjadi ketua DPR pertama di Indonesia dari kaum hawa.

Politikus PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari mengaku gembira jika Puan menjadi ketua DPR yang pertama dari kaum perempuan.

Selain menciptakan sejarah baru, ini juga melanjutkan keberhasilan partai berlambang banteng moncong putih itu. Sebab sebelumnya, Megawati Soekarnoputri menjabat ketua umum, wakil presiden bahkan presiden perempuan yang pertama kalinya di Indonesia.

BACA JUGA: Sembilan Jenderal Polisi akan Ikut Seleksi Calon Pimpinan KPK

"Saya memang gembira kalau Ibu Puan menjadi yang pertama untuk menjabat di DPR kita. Ini bukan saja menjadi sejarah baru. Saya bangga dengan PDIP di mana ketumnya perempuan, wapres perempuan, presiden perempuan dan dilanjutkan dengan ketua DPR perempuan," papar Eva di gedung DPR, Jakarta, Selasa (18/8).

Menurut Eva, memang ketua DPR perempuan yang pertama bukan di Indonesia. Dia menjelaskan, Laos, Vietnam, sudah pernah parlemennya dijabat seorang perempuan.

Eva menjelaskan, setidaknya untuk internal PDIP, sudah berhasil menghapus mental block bahwa politik ini didominasi oleh laki-laki. "Terutama yang dari parlemen bisa dibuat sejarah baru dengan masuknya Ibu Puan," ungkapnya.

Nama politikus partai pemenang Pemilu 2019, PDI Perjuangan Puan Maharani santer dikabarkan akan didapuk menjadi ketua DPR periode 2019-2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News