Murah dan Mudah, ini Asupan Alami untuk Jaga Kesehatan Hati

Murah dan Mudah, ini Asupan Alami untuk Jaga Kesehatan Hati
Air putih. Foto: Pixabay

jpnn.com - Tubuh Anda sebagian besar terdiri dari air. Air putih merupakan kebutuhan dasar yang penting untuk kelangsungan hidup.

Selain mencegah dehidrasi, air juga mempengaruhi fungsi organ tubuh Anda seperti hati.

Hati memiliki banyak fungsi penting seperti membuang racun, metabolisme lemak, melawan infeksi, pembekuan darah, memproduksi cairan empedu, dan sebagainya. Karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan hati.

Meski hati adalah satu-satunya organ yang bisa menyembuhkan diri sendiri (beregenerasi). Namun, kerusakan hati yang cukup parah bisa merusak hati secara permanen dan baru akan memberikan gejala pada tubuh.

Air merupakan komponen terbesar dari darah. Sementara hati merupakan organ yang juga menyaring darah karena kemampuannya membuang racun. Sehingga, air juga berpengaruh terhadap fungsi detoksifikasi hati dan membantu membuang racun pada hati melalui kulit serta sistem pencernaan.

Jika kurang banyak asupan air, darah akan menjadi lebih kental. Hal ini membuat beban kerja hati lebih berat untuk menyaring darah yang kental tersebut.

Terlebih, jika sudah mengalami kerusakan hati, beban hati akan bertambah dan bisa memperparah merusak sistem hati jika kekurangan asupan air.

Karena itu, penting bagi penderita penyakit hati untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

Jangan sepelekan kesehatan hati Anda. Ketahui cara menjaga hati agar berfungsi dengan baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News