Pelaku UKM Terus Didorong Melek Digital  

Pelaku UKM Terus Didorong Melek Digital  
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) turut menyediakan sarana pengembangan ekonomi kreatif daerah lewat empat program strategisnya.

UKM dari seluruh Indonesia ini berkumpul dalam pameran Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) di Thamrin City akhir pekan kemarin.

Warga desa dan para pelaku UKM di desa tertinggal dapat memanfaatkan sarana teknologi dalam mengembangkan dan mempromosikan bisnis mereka melalui jejaring sosial, situs e-commerce dan sebagainya.

''Dengan memanfaatkan teknologi digital dan inovasi terkini, kami berharap para pelaku UKM serta warga desa dapat mempromosikan hasil karya mereka dan membuka peluang investor lokal maupun luar negeri untuk berinvestasi. Nantinya, tentu saja akan mendorong pertumbuhan ekonomi desa tertinggal tersebut,'' kata  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo

Eko menambahkan, warga desa tertinggal kini bisa memanfaatkan koneksi internet yang semakin luas lewat program Desa Broadband Terpadu milik Kominfo.

''Akses internet yang mulai masuk ke desa terpencil sudah bisa dimanfaatkan warga desa dengan lancar,'' imbuhnya.

Program rutin yang dilakukan Kemendes PDTT ini menjadi langkah strategis untuk mempromosikan dan meningkatkan taraf hidup desa tertinggal.

Menurut data 2016, ada sekitar 80 dari total 122 kabupaten di Indonesia yang ditetapkan sebagai daerah tertinggal.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) turut menyediakan sarana pengembangan ekonomi kreatif daerah lewat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News