Pemerintah Bakal Buka Politeknik Kearsipan

Pemerintah Bakal Buka Politeknik Kearsipan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur. Foto for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menginisiasi pembukaan Politeknik Kearsipan.

Itu adalah sebuah lembaga pendidikan yang bisa menghasilkan serta mendidik para generasi muda arsiparis. Pasalnya, jumlah arsiparis di berbagai instansi sangatlah jauh dari angka cukup.

"Untuk memenuhi kebutuhan akan SDM arsiparis, pemerintah akan membuka Politeknik Kearsipan," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur di Jakarta, Jumat (18/8).

Saat ini, lanjutnya, pemerintah tengah merancang kurikulumnya dan menyiapkan tenaga pengajarnya.

Asman juga mendorong para Arsiparis yang ada saat ini untuk mengembangkam kompetensi dan kualifikasi diri untuk memajukan Sistem Pengarsipan di instansi masinjg-masing. Sehingga data-data yang penting bisa terarsipkan dengan baik.

"Ke depan Arsiparis akan menjadi sebuah profesi yang penting dan strategis karena tanpa penyimpanan data yang baik, sejarah tidak akan terungkap dan terlihat jelas," ucapnya. (esy/jpnn)

 


Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Arsip Nasional Republik Indonesia


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News