Polri Buru 2 Orang Kreator Hoaks Server KPU Disetel untuk Menangkan Jokowi

Polri Buru 2 Orang Kreator Hoaks Server KPU Disetel untuk Menangkan Jokowi
Brigjen Dedi Prasetyo. Foto: Desyinta Nuraini/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Polri telah mendeteksi keberadaan kreator video hoaks tentang server Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah di-setting untuk kemenangan Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, hasil analisis atas jejak digital telah mengungkap telepon seluler dan akun medsos yang digunakan untuk menebar hoaks.

Dedi mengatakan, penyidik telah mengendus kreator hoaks yang terdeteksi terakhir kali di daerah Tangerang, Banten. Menurut Dedi, kreator hoaks yang juga pembuat akun di Instagram untuk menebar kebohongan itu berkomunikasi dengan koleganya di Jawa Tengah.

Kedua pelaku itu kini telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). “Jadi tinggal menunggu waktu saja kedua DPO tersebut, kreator dan buzzer yang memiliki akun Instagram dan orang yang menyampaikan video secara verbal akan ditangkap,” ujar Dedi di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (11/4).

Baca juga:

Konon Video Hoaks Server KPU Menangkan Jokowi Direkam dalam Rapat Tim Prabowo-Sandi

Andre Jubir BPN Prabowo Mengaku Tak Tahu Sosok Wahyu di Video Hoaks Server KPU

Hanya saja, Dedi masih enggan membeberkan identitas kreator hoaks server KPU. Namun, Dedi menyebut pembuat video hoaks server KPU sekaligus penyebarnya berinisial WN.

Namun, Dedi belum membeber sosok yang dalam video berbicara dan menyebut server KPU telah di-setting untuk memenangkan Jokowi - Ma’ruf di angka 57 persen. “Yang sebagai pembicara secara verbal perlu pendalaman karena beberapa saksi yang berada dalam lokasi semuanya bilang lupa,” ungkap mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu.

Polri telah mendeteksi keberadaan kreator video hoaks tentang server KPU telah di-setting untuk kemenangan Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News