Proyek PLTGU Jawa 1 Hanya Bisa Diselamatkan Pertamina?

Proyek PLTGU Jawa 1 Hanya Bisa Diselamatkan Pertamina?
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Megaproyek PLTGU Jawa 1 masih terus berlanjut. Konsorsium Pertamina dan PLN dikabarkan hampir mencapai kesepahaman.

 Dalam waktu dekat keduanya dikabarkan akan segera meneken perjanjian jual beli (power purchase agreement/ PPA) PLTGU Jawa 1.

 Fahmy Radhi pemerhati energi dari UGM mengatakan, kabar positif ini perlu dicermati lebih lanjut, apakah hanya sekedar kabar angin atau memang benar.

"PLTGU Jawa 1 ini megaproyek yang strategis. Kepentingan nasional sangat besar di megaproyek ini. Jangan sampai isu positif ini hanya bagian dari usaha PLN untuk menjaga citra di depan publik,” kata dia di Jakarta, Rabu (18/1).

Dia menjelaskan, jika dicermati, isu yang berkembang di publik saat ini terkait PLTGU Jawa 1 ada dua penyebab utama.

Yakni kekisruhan yang berakar dari masalah bankability dan isu teknis komersial, yang tidak kunjung disepakati, meskipun sudah melewati tenggat waktu.

“Hal ini bukan masalah sederhana. Pasti terdapat konsekuensi keekonomian yang sangat signifikan. Pertanyaan berikutnya adalah, apakah kedua pihak akhirnya bersepakat atau ada salah satu yang berkorban?," kata Fahmy.

Fahmy menambahkan, kuatnya keinginan PLN untuk membatalkan tender ini, maka patut diduga yang berkorban adalah pihak konsorsium Pertamina.

Megaproyek PLTGU Jawa 1 masih terus berlanjut. Konsorsium Pertamina dan PLN dikabarkan hampir mencapai kesepahaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News