Minggu, 26 Maret 2017 – 04:57 WIB

Sabun Biasa Ternyata Juga Bisa Menghilangkan Kuman Loh

Jumat, 25 September 2015 – 21:29 WIB
Sabun Biasa Ternyata Juga Bisa Menghilangkan Kuman Loh - JPNN.COM

ILUSTRASI. FOTO: Yahoo Health

SHARES

Sabun biasa ternyata sama efektifnya dengan sabun anti-bakteri untuk menyingkirkan kuman melalui cuci tangan. Ini temuan sebuah studi baru.

Ini memang bukan studi pertama yang menemukan bahwa tidak ada perbedaan antara dua jenis sabun, tetapi studi ini adalah yang pertama untuk menguji anti-bacterial soaps dan sabun biasa terhadap 20 strain bakteri di laboratorium.

“Studi ini menunjukkan bahwa kehadiran bahan antiseptik (dalam hal ini, triclosan) disabun tidak selalu menjamin keberhasilan menghilangkan bakteri selama mencuci tangan,” kata penulis senior studi, Min-Suk Rhee, seperti dilansir laman Yahoo Health, Kamis (25/9).

Sabun yang digunakan dalam penelitian ini adalah sama kecuali untuk triclosan, dimana para peneliti menggunakan agen anti-bakteri dan anti-jamur yang dikembangkan di awal 1960-an yang paling umum digunakan sebagai bahan antiseptik dalam sabun.

Kini, produsen menambahkan triclosan untuk berbagai produk, termasuk pasta gigi, sampo, pakaian, dapur, furnitur dan mainan dengan tujuan mengurangi atau mencegah kontaminasi bakteri.

Namun, triclosan telah dikaitkan dengan beberapa efek negatif pada kesehatan. Misalnya triclosan bisa mengakibatkan resistensi antibiotik, alergi dan gangguan hormon pada individu. Satu studi bahkan menemukan bahwa paparan jangka panjang untuk triclosan bisa menyebabkan kanker pada tikus.(fny/jpnn)

TAGS   antibiotik