Bapak Ibu, Perhatikan Ini Sebelum Mengolah Daging Agar Tetap Bergizi

Bapak Ibu, Perhatikan Ini Sebelum Mengolah Daging Agar Tetap Bergizi
Ilustrasi.

jpnn.com - DI hari Idul Adha ini banyak orang yang mengkonsumsi daging. Tapi perlu diperhatikan beberapa hal dalam mengonsumsi daging. Untuk menjaga mutu dan keamanan daging, penyimpanan daging perlu suhu dan waktu yang tepat.

Menurut ahli gizi Prischalia Rahfidanita mutu daging ditentukan oleh nilai pH, daya mengikat air, susut masak dan keempukannya

Tidak hanya di Indonesia, The Academy of Nutrition and Dietetics di Amerika menganjurkan konsumen lebih fokus dan mengetahui cara memilih dan menjaga mutu kualitas makanan.

“Konsumen juga harus mampu menerapkan prosedur yang baik untuk penyimpanan makanan, terutama daging,” ucap Prischalia.

Mungkin beberapa tips yang diuraikan Prischalia ini bisa membantu Anda mendapatkan daging yang aman dikonsumsi.

“Saat membeli daging, carilah daging yang proses penanganannya tepat atau daging dengan label dan kemasan yang aman. Adanya kemasan atau label pada daging menunjukkan daging diproses dengan aman,” tegasnya. 

Daging berlabel jelas berarti Anda membantu diri mengawali memasak dari bahan mentah yang memang sudah terpilih kualitasnya. Dan memudahkan proses handling selanjutnya.

Prischalia menuturkan, daging adalah bahan pangan yang sangat mudah rusak. Jika disimpan di suhu ruang maka umur simpannya tidak bisa sampai satu hari. Sebelum disimpan, sebaiknya daging dibersihkan dan hilangkan kotoran yang menempel di daging untuk menghindari pertumbuhan bakteri. 

DI hari Idul Adha ini banyak orang yang mengkonsumsi daging. Tapi perlu diperhatikan beberapa hal dalam mengonsumsi daging. Untuk menjaga mutu dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News