Kamis, 29 Juni 2017 – 19:29 WIB

Sayang, Pak Muhadjir Kurang Lihai Mengomunikasikan Ide Full Day School

Selasa, 20 Juni 2017 – 10:14 WIB
Sayang, Pak Muhadjir Kurang Lihai Mengomunikasikan Ide Full Day School - JPNN.COM
SHARES

jpnn.com, JAKARTA - Pemerhati pendidikan Indra Charismiadji menilai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy tak melakukan komunikasi dan koordinasi yang baik soal gagasan full day school atau kebijakan lima hari sekolah. Buktinya, kebijakan yang diatur dengan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017‎ tentang Hari Sekolah itu harus dibatalkan.

Menurut Indra, bukan kali ini saja kebijakan yang dilontarkan Muhadjir selama menjadi Mendikbud mental. Sebelumnya, kebijakan moratorium ujian nasional (UN) yang digagas tokoh Muhammadiyah itu juga kandas.

Indra pun menilai hal itu sebagai bukti bahwa Muhadjir kurang mampu berkomunikasi dan berkoordinasi. Parahnya staf khusus dan ahli yang mendampingi Muhadjir juga tidak bisa mengomunikasikannya dengan baik.

"Kalau menterinya tidak bisa berkomunikasi dengan baik, ya staf khusus dan ahli yang harus tampil serta berperan aktif. ‎Apalagi yang berhubungan dengan daerah dan lintas kementerian‎," kata Indra kepada JPNN, Selasa (20/6).

Dia menambahkan, Muhadjir akan kesulitan menjalankan program kerjanya kalau hanya bekerja sendiri. Karena itu Mendikbud harus banyak belajar bagaimana berkomunikasi dengan baik.
 
"Saya bersyukur kalau presiden cepat tanggap kalau urusan pendidikan butuh kerja sama lintas kementerian dan pemda," tandasnya.(esy/jpnn)

Masukkan komentarmu disini