Sulsel Lumbung Pangan Nasional, Kementan Beri Petani Alsintan

Sulsel Lumbung Pangan Nasional, Kementan Beri Petani Alsintan
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Foto: Kementan

jpnn.com, PANGKEP - Dukungan maupun perhatian besar diperlihatkan Kementerian Pertanian (Kementan) kepada petani di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel).

Salah satunya terlihat dalam kunjungan kerja Menteri Pertanian Amran Sulaiman pada acara Apresiasi dan Sinkronisasi Program Kementerian Pertanian 2019 di Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini adalah untuk mendukung program strategis Kementan menuju swasembada pangan dan dalam rangka percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin.

Kegiatan Apresiasi dan Sinkronisasi Program Kementan 2019 yang bertema Petani Subur, Petani Makmur Pangkep Hebat itu digelar di Stadion Andi Mappe Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Selasa Pagi (9/4)

Direktur Alsintan Kementan, Andi Nur Alamsyah mengatakan, pihaknya telah memberikan bantuan 30 unit traktor. Kemudian yang mendapatkan program serasi di beberapa Kabupaten seperti Wajo mendapatkan bantuan 10 escavator, Bone mendapatkan 5 escavator, dan Kabupaten lain yang terkait program Serasi masing-masing 2 unit escavator.

Itu untuk optimasi lahan sekitar 50 ribu hektare lahan rawa yang berada di Sulawesi Selatan terutama di Wajo.

"Hari Jumat lalu kami sudah mulai melakukan proses konstruksi optimalisasi lahan. Sampai hari ini progress kita sudah sekitar 1000 hektare yang sudah siap. Kontruksinya mudah- mudah bulan Juni tahun ini sudah bisa mulai ditanami," kata Andi.

Menurutnya Sulawesi Selatan merupakan lumbung pangan nasional, sentra padi nasional. Dengan adanya bantuan mekanisasi, tentu efisiensi produktivitas membantu peningkatan produksi di Sulawesi Selatan.

Dukungan maupun perhatian besar diperlihatkan Kementerian Pertanian (Kementan) kepada petani di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News