Target Penerimaan Pajak 2017 Diprediksi Meleset Lagi

Target Penerimaan Pajak 2017 Diprediksi Meleset Lagi
Warga melaporkan surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak penghasilan (PPh) orang pribadi. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR Heri Gunawan memprediksi capaian penerimaan pajak pada APBN 2017 kembali akan meleset dari target yang ditetapkan pemerintah.

Hal tersebut, menurut dia, mulai terbaca dari pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bahwa pemerintah tengah merevisi asumsi terkait pertumbuhan Penerimaan Pajak dari 16% menjadi 13%.

"Ini menjadi sinyal kuat tidak tercapainya target penerimaan pajak di APBN 2017. Sekalligus penanda ada yang keliru dalam asumsi-asumsi dan target Penerimaan Pajak yang dipatok selama ini," kata Heri di kompleks Parlemen Jakarta, Senin (24/7).

Dalam APBN 2017, target penerimaan pajak dipatok sebesar Rp 1.498,9 triliun atau naik 16,7 persen dibanding realisasi Penerimaan Pajak 2016 sebesar Rp 1.284,9 triliun.

Target tersebut dinilai Heri kurang realistis sehingga akhirnya harus direvisi.

Yang menjadi sorotan politikus Gerindra ini adalah melesetnya capaian penerimaan pajak ini sudah terjadi berulang kali.

Meski arah kebijakan diganti dan disempurnakan, tetap saja realisaasinya melenceng.

"Sepertinya ini bukan lagi soal kebijakan saja, tapi lebih kepada soal kinerja lapangan yang ada di bawah komando dirjen pajak. Kinerja lapangan tidak berjalan maksimal sesuai target," ujar politikus asal Jawa Barat ini.

Anggota Komisi XI DPR Heri Gunawan memprediksi capaian penerimaan pajak pada APBN 2017 kembali akan meleset dari target yang ditetapkan pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News