Tips Menjaga Lutut Sehat Selama Musim Dingin

Tips Menjaga Lutut Sehat Selama Musim Dingin
ILUSTRASI: FOTO: India Times

jpnn.com - Sangat penting untuk membuat lutut Anda tetap kuat dan sehat sehingga mobilitas Anda tidak menurun ketika Anda bertambah tua. Kita seringkali mengabaikan kesehatan lutut. Bahkan kurang memperhatikan adanya masalah seperti merasa nyeri saat melakukan aktivitas sehari-hari, misalnya mengangkat kotak atau menyusuri jalanan yang menurun.

Selain itu, cuaca dingin bisa menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian yang sudah rentan tubuh Anda.

Para peneliti percaya bahwa ketika hal ini terjadi, daerah yang meradang pada tubuh kita (lutut, pinggul, tangan, siku, dan bahu) membengkak. Pembengkakan bisa mengiritasi saraf yang mengakibatkan rasa sakit meningkat.

Tips berikut ini akan membantu Anda bebas dari rasa sakit musim dingin, seperti dilansir laman India Times, Selasa (15/12).

1. Diet seimbang

Mengikuti diet sehat dengan termasuk buah-buahan musiman, sayuran, kacang-kacangan, sereal dan produk susu dalam makanan sehari-hari Anda. Hal ini sangat penting bagi orang yang menderita nyeri sendi dan lutut untuk memasukkan makanan kaya vitamin K, D dan C (seperti jeruk, bayam, kubis dan tomat) dalam diet mereka karena mereka memainkan peran penting dalam produksi tulang rawan dan membantu tubuh menyerap kalsium sehingga memperkuat tulang.

Minum banyak air, karena dehidrasi mengurangi fleksibilitas yang bisa meningkatkan kemungkinan cedera. Suplemen dengan vitamin D atau minyak ikan dianjurkan karena kaya akan omega 3 yang membantu penurunan peradangan. Jauhi minuman yang tidak sehat. Alkohol, teh, kopi, dan minuman soda lainnya mengurangi jumlah kalsium dan melemahkan tulang.

2. Tetap aktif

Berolahraga secara teratur. Ini tidak hanya membantu Anda menurunkan berat badan tetapi juga meningkatkan fleksibilitas dan memperkuat otot-otot yang mendukung lutut (misalnya aerobik, berjalan, berenang atau bersepeda).

Sangat penting untuk membuat lutut Anda tetap kuat dan sehat sehingga mobilitas Anda tidak menurun ketika Anda bertambah tua. Kita seringkali mengabaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News