Tok… Tok.. Tok… Bupati Nonaktif Tanggamus Divonis 2 Tahun

Tok… Tok.. Tok… Bupati Nonaktif Tanggamus Divonis 2 Tahun
Palu majelis hakim pengadilan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Terdakwa kasus suap Bupati nonaktif Tanggamus Bambang Kurniawan divonis dua tahun penjara dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Senin (22/5).

Majelis hakim menyatakan Bambang bersalah dan terbukti melanggar pasal 5 ayat 1 huruf B UU Nomor 31/1999 sebagaimana diatur dan diubah UU Nomor 22/2001 tentang Tindakan Pidana Korupsi.

Menurut majelis hakim yang dipimpin Minanoer Rachman, dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah memenuhi unsur.

"Menjatuhkan pidana penjara selama dua tahun memerintahkan terdakwa tetap berada dalam tahanan," papar Minanoer diruang Garuda seperti dilansir Radar Lampung (Jawa Pos Group) hari ini.

Pembacaan Amar tersebut kemudian diiringi dengan gemuruh tepuk tangan pengunjung sidang yang penuh sesak dari masyarakat serta keluarga yang memberikan dukungan kepada Bambang.

Tak hanya pidana penjara, Bambang juga dijatuhi denda Rp250 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka ia harus rela menggantinya dengan 2 bulan kurungan.

Putusan tersebut lebih rendah satu tahun dari tuntutan jaksa penuntut umum KPK yang meminta Bambang dihukum penjara tiga tahun dan denda Rp250 juta subsidair tiga bulan kurungan.

Vonis lebih ringan tersebut lantaran hakim menilai Bambang menyesali perbuatannya, memiliki tanggungan keluarga. "Serta bukan semata-mata kesalahan terdakwa," ujar Minanoer.

Terdakwa kasus suap Bupati nonaktif Tanggamus Bambang Kurniawan divonis dua tahun penjara dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Tipikor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News