Top, Kerajinan Hasil WBP Lapas dan Rutan Tembus Pasar Mancanegara

Top, Kerajinan Hasil WBP Lapas dan Rutan Tembus Pasar Mancanegara
PRODUK EKSPOR: Pelepasan hasil kerajinan para narapidana Lapas Kelas IIB Banyuwangi yang diekspor ke Jepang dan Korea Selatan. Foto: Kemenkumham

jpnn.com, JAKARTA - Para warga binaan pemasyarakatan (WBP) ternyata mampu menghasilkan berbagai produk kerajinan bernilai komersial. Bahkan, prodok-produk WBP di bawah binaan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bisa menembus pasar ekspor.

Menurut Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi  (Latkerpro) Ditjen PAS Harun Sulianto, saat ini terdapat 9 lembaga pemasyarakatan (lapas) dan 1 rumah tahanan negara (rutan) yang mampu menghasilkan produk-produk ekspor. Barang-barang buatan para napi bahkan menembus pasar Eropa, Amerika Serikat, Arab Saudi, Brazil, Inggris, Timur Tengah, Asia dan Asia Tenggara.

“Seperti narapidana di Lapas Kelas 1 Surabaya di Porong yang mengekspor meubelair ke Eropa, Lapas Kelas IIB Banyuwangi mengekspor kerajinan kayu ke Jepang dan Korea Selatan,” ujar Harun, Selasa (22/8).

Sedangkan narapidana di Lapas Kelas IIA Ambarawa mampu membuat sarung softball yang sudah diekspor ke Eropa. Sementara napi di Lapas Kelas IIA Pontianak membuat tikar kayu yang diekspor ke Malaysia.

Top, Kerajinan Hasil WBP Lapas dan Rutan Tembus Pasar Mancanegara

Meubelair hasil kerajinan warga binaan pemasyarakatan Lapas Kelas 1 Surabaya Porong yang menembus pasar ekspor.

“Kemudian narapidana di Rutan Kelas I Cipinang yang berhasil mengekspor hasil karya tas kulit ke Dubai dan Jepang. Sedangkan narapidana Lapas Kelas IIB Toli-Toli mengekspor meja catur ke Amerika Serikat, Arab Saudi, dan Inggris,” sebutnya.

Harun menambahkan, terdapat tiga lapas dengan WBP yang mampu memproduksi kerajinan rotan sintetis. Yakni Lapas Kelas I Cirebon, Lapas Narkotika Kelas IIA Cirebon dan Lapas Kelas IIA Banceuy Bandung.

Para warga binaan pemasyarakatan (WBP) ternyata mampu menghasilkan berbagai produk kerajinan bernilai komersial. Bahkan, prodok-produk WBP di bawah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News