Trump Resmi Menggantikan Obama, Ini Pidato Pertamanya

Trump Resmi Menggantikan Obama, Ini Pidato Pertamanya
UCAP SUMPAH: Donald J Trump saat mengucap sumpah sebagai Presiden Amerika Serikat ke-45 di Washington DC, Jumat (20/1) waktu setempat. Foto: AP

jpnn.com - jpnn.com - Donald John Trump resmi menjadi Presiden Amerika Serikat (AS). Presiden ke-45 dalam sejarah AS itu mengucap sumpah untuk mengawali jabatannya Jumat (20/1).

Trump disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung AS John G. Roberts Jr. Istri ketiga Trump, Melania Trump berdiri memegang Injil di samping pengusaha kondang kelahiran 14 Juni 1946 itu.

Ada dua Injil yang digunakan Trump mengucap sumpah sebagai Presiden AS. Satu Injil punya sejarah panjang bagi Presiden AS karena digunakan sejak inaugurasi Presiden Abraham Lincoln. Satunya lagi Injil pemberian ibunda Trump pada 1955.

Selepas pengucapan sumpah, Trump memulai pidato pertamanya dengan kalimat penuh empati. “Amerika serikat adalah negeri kalian,” ucapnya.

Tiga mantan presiden AS terlihat di belakang Trump. Ada Bill Clinton, George W. Bush dan Barack Obama.

Trump menjanjikan kekuasaan yang kini dipegangnya akan ditransfer ke rakyat AS. “Hari ini kita tidak sekadar mentransfer kekuasan dari satu pemerintahan ke pemerintahan lainnya, atau dari satu partai ke partai lainnya, tapi kita mentransfer kekuasaan dari Washington DC dan memberikannya kembali ke kalian, rakyat,” ujarnya.

Menurutnya, sudah terlalu lama kelompok kecil di Kongres AS menikmati keuntungan dari pemerintahan. “Sementara orang-orang menanggung biayanya. Para politikus makmur, sementara pekerjaan tak terselesaikan dan pabrik-pabrik tutup,” kata Presiden AS yang punya wakil presiden bernama Mike Pence itu,

Trump memang melontarkan nada pesimistis, terutama kepada para presiden yang memimpin di era kemakmuran ekonomi AS. Trump bahkan menyebutnya dengan istilah pembantaian terhadap orang-orang Amerika karena hilangnya kekayaan, kekuatan dan kepercayaan diri.

Donald John Trump resmi menjadi Presiden Amerika Serikat (AS). Presiden ke-45 dalam sejarah AS itu mengucap sumpah untuk mengawali jabatannya Jumat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News