Turki Blokir Akses ke Wikipedia

Turki Blokir Akses ke Wikipedia
Foto: Wikipedia

jpnn.com, ANKARA - Pemerintah Turki telah memblokir akses Wikipedia secara gratis. Seluruh pengguna di Turki tak bisa membuka layanan ensiklopedia gratis itu sejak Sabtu (29/4) pagi.

Larangan tersebut tidak hanya berlaku untuk halaman berbahasa Turki, namun juga semua versi bahasa lain di situs tersebut.

Metro melansir, saat pengguna di Turki mencoba mengakses situs, waktu koneksi habis dan terdapat pemberitahuan 'this site can’t be reached’.

Satu-satunya cara untuk mengatasi larangan tersebut adalah dengan menggunakan Virtual Private Network (VPN).

Turkey Blocks, sebuah proyek tranparansi digital independen menyebutkan, perintah pemblokiran Wikipedia ini dikeluarkan resmi oleh otoritas informasi dan teknologi komunikasi Turki.

Perintah dari otoritas akan mendapatkan dukungan dari pengadilan dalam beberapa hari mendatang. Tidak dijelaskan alasan mengapa otoritas memblokir akses ke Wikipedia, namun banyak yang menduga ini terkait dengan upaya pemerintahan Presiden Erdogan menghapus kritikan dan tudingan yang mengarah ke mereka. (adk/jpnn)

 


Pemerintah Turki telah memblokir akses Wikipedia secara gratis. Seluruh pengguna di Turki tak bisa membuka layanan ensiklopedia gratis itu sejak


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News