Ulah Ardian Syaf Bikin Komikus Indonesia Resah

Ulah Ardian Syaf Bikin Komikus Indonesia Resah
Adegan di edisi perdana X-Men Gold, angka 212 bisa dilihat tertulis di salah satu gedung. Foto: Bleedingcool.com

jpnn.com - Ulah komikus asal Indonesia Ardian Syaf menyusupkan surah Almaidah 51 dan angka 212 ke dalam X-Men Gold edisi perdana membuat berang banyak penggemar komik tersebut. Marvel sebagai penerbit juga menyesalkan tindakan Ardian.

Namun ulah Ardian ternyata juga menimbulkan keresahan di antara rekan satu profesinya yang berasal Indonesia.

Rhoald Marcellius, comic artist Indonesia yang juga bekerja untuk Marvel, menyebut apa yang dilakukan Ardian membahayakan rekan-rekan sejawat.

Pasalnya, Marvel bisa menganggap semua komikus Indonesia memiliki pandangan atau etika profesional yang sama.

Rhoald menjelaskan, sebelum membuat sketsa, comic artist (penggambar) lebih dahulu menerima cerita dari penulis. Saat menggambar itulah, komikus bisa melakukan improvisasi.

”Sebenarnya, Marvel enak dan lumayan bebas. Semua approval dari editor lumayan dan nggak macem-macem,” kata Rhoald ketika dihubungi Jawa Pos, Senin (10/4).

Setelah komik jadi, lanjutnya, editor dari Marvel akan memberikan approval. Baru kemudian komik akan dipublikasikan.

Rhoald sendiri mengaku sering menyelipkan pesan rahasia atau subliminal message ke dalam karyanya. Misalnya, nama-nama band di kaus karakter atau menjadikan temannya sebagai inspirasi karakter background.

Ulah komikus asal Indonesia Ardian Syaf menyusupkan surah Almaidah 51 dan angka 212 ke dalam X-Men Gold edisi perdana membuat berang banyak penggemar

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News