Wahai Seluruh Kader NasDem, Simaklah Instruksi dari Surya Paloh Ini

Wahai Seluruh Kader NasDem, Simaklah Instruksi dari Surya Paloh Ini
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengeluarkan sejumlah pernyataan untuk merespons insiden kerusuhan buntut aksi unjuk rasa di depan kantor Bawaslu selama dua hari ini. Politikus senior itu memerintahkan kepada seluruh kader NasDem untuk menjaga keharmonisan di tengah-tengah masyarakat.

"Memerintahkan kepada setiap kader Partai NasDem untuk tetap siaga merespons perkembangan yang ada dan secara aktif menciptakan suasana harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Surya dalam siaran pers ke media, Rabu (22/5).

Baca juga: Nasdem Klaim Alami Kenaikan Suara Terbesar

Bos Media Group itu menjelaskan, Pemilu 2019 sudah selesai dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun sudah mengumumkan hasil resminya. Menurutnya, pemilu sebagai produk demokrasi harus dihormati apa pun hasilnya.

Bagi pihak-pihak yang kurang puas terhadap hasil pemilu, katanya, bisa menempuh jalur yang disediakan oleh konstitusi. "Oleh karena itu tindakan-tindakan yang merusak dan memaksakan kehendak sesungguhnya bertentangan dengan tujuan berdemokrasi," katanya.

Surya juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Partai NasDem, tuturnya, menghormati penyampaian pendapat di muka umum sebagai salah satu hak yang dijamin oleh undang-undang.

Namun demikian, kata Surya, kebebasan berpendapat tetap harus sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. "Proses penyampaian pendapat tidak boleh disertai dengan pemaksaan kehendak karena hal itu sesungguhnya telah mencederai nilai-nilai demokrasi itu sendiri," kata dia.

Baca juga: Nasdem Ingatkan Masyarakat Tidak Ikut Aksi 22 Mei

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengeluarkan sejumlah pernyataan untuk merespons insiden kerusuhan buntut aksi unjuk rasa di depan kantor Bawaslu selama dua hari ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News