Waspada, 6 Makanan ini Pemicu Asam Urat

Waspada, 6 Makanan ini Pemicu Asam Urat
Kerang. Ilustrasi

jpnn.com - Tidak ada seorangpun yang ingin mengalami penyakit asam urat. Hal ini karena penyakit asam urat bisa membuat penderitanya mengalami berbagai keluhan seperti sendi terasa nyeri, bengkak, merah, dan teraba panas. Sejumlah kondisi tersebut bisa menganggu aktivitas bahkan sampai menurunkan kualitas hidup penderita asam urat.

Perlu diketahui bahwa asam urat tinggi dalam tubuh bisa dipicu akibat salah mengonsumsi makanan. Fakta mengungkap, faktor utama penyebab penyakit asam urat adalah hiperuresemia.

Kondisi tersebut merupakan keadaan ketika kadar asam urat di dalam tubuh meningkat tajam.

Hal paling utama yang melatari terjadinya hiperuresemia adalah mengonsumsi makanan yang tinggi purin. Beberapa makanan yang termasuk kategori tersebut, di antaranya:

1. Jeroan

Tidak ingin asam urat melonjak? Hindari makan aneka hidangan yang berbahan hati, babat, kikil dan semua jenis makanan yang tergolong sebagai jeroan. Hal ini karena 100 gram jeroan mengandung sekitar 100 hingga 1000 miligram purin. Sungguh jumlah yang tinggi, bukan?

2. Kerang

Kerang merupakan makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Jika Anda adalah pecinta jenis seafood yang satu ini, sebaiknya benar-benar batasi konsumsinya agar tidak berlebihan. Karena, 1 gram kerang mengandung sedikitnya 136 miligram purin di dalamnya.

Sejumlah kondisi tersebut bisa menganggu aktivitas bahkan sampai menurunkan kualitas hidup penderita asam urat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News