Selasa, 16 Juli 2019 – 03:44 WIB

Manfaat Labu Siam Bagi Penderita Asam Urat

Rabu, 27 Maret 2019 – 19:02 WIB
Manfaat Labu Siam Bagi Penderita Asam Urat - JPNN.COM

jpnn.com - Labu siam merupakan buah dari tanaman merambat Sechium edule yang buah muda dan pucuk mudanya jug bisa dikonsumsi. Buah sayuran ini juga dikenal dengan nama jipang atau bahasa Inggrisnya adalah chayote.

Di Indonesia, labu siam kerap hadir di meja makan sebagai hidangan tumis atau gulai. Selain sedap dan bergizi, konsumsi labu siam juga ternyata memberikan manfaat bagi penderita asam urat.

Labu siam mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin B, C, E, dan K, serta kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, asam folat, zat besi dan zink. 

Bukti bahwa labu siam baik untuk penderita asam urat

Ada penelitian yang dilakukan oleh Davao Medical School Foundation dengan uji coba pada kelinci. Penelitian tersebut menemukan adanya penurunan kadar asam urat pada kelinci yang mengonsumsi labu siam sebanyak 25 persen.

Manfaat labu siam untuk penderita asam urat diketahui berasal dari kandungan vitamin dan mineral yang kaya akan serat. Serat di dalam tubuh dapat membantu memperlancar proses metabolisme. Tak hanya itu, labu siam juga memiliki kandungan purin (unsur yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah) yang rendah, sehingga bisa dimasukkan ke dalam menu diet rendah purin.

Perlu diingat, diet rendah purin pada penderita asam urat sangat penting. Pasalnya, jumlah purin yang banyak di dalam tubuh bisa menyebabkan terjadinya peningkatan kadar asam urat di dalam darah.

Jika tidak segera ditangani dan organ ginjal tidak mampu menyaring asam urat dengan baik, maka semakin lama kondisi ini akan menyebabkan terjadinya penyakit asam urat.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar