Waspada Bro! 6 Hal Ini Bisa Menggangu Fertilitas

Waspada Bro! 6 Hal Ini Bisa Menggangu Fertilitas
Ilustrasi. Foto: Pixabay

jpnn.com - Kebanyakan pria tak terpikir untuk melakukan tes kesuburan. Mereka yang diminta untuk melakukan tes itu pun biasanya menolak.

Padahal dengan menyadari kondisi kesuburan mereka lebih awal, akan lebih mudah untuk melakukan tindakan untuk segera mengatasi masalah ini.

Dan yang lebih buruk lagi, banyak masalah kesuburan pria terjadi karena hal-hal sederhana dalam kehidupan mereka.

Berikut ini beberapa hal yang bisa memengaruhi kesuburan pria, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Selasa (25/4).

1. Merokok
Menurut sebuah studi meta-analisis terbaru yang meneliti hampir 6.000 orang, racun dari tembakau bisa memengaruhi sperma dan air mani.

Studi ini juga bahwa menyimpulkan asap rokok mengurangi jumlah sperma, motilitas dan juga memengaruhi cara mereka terbentuk.

2. Alkohol
Bagi mereka yang secara teratur minum alkohol, konsentrasi sperma mereka adalah 33 persen lebih rendah. Singkatnya, semakin banyak Anda minum alkohol, maka akan semakin buruk hasilnya.

3. Beberapa jenis obat
Penggunaan jangka panjang dari opiat dan inhibitor 5-alpha-reductase yang digunakan untuk mengobati pembesaran prostat bisa menyebabkan jumlah dan kualitas sperma menurun.

Kebanyakan pria tak terpikir untuk melakukan tes kesuburan. Mereka yang diminta untuk melakukan tes itu pun biasanya menolak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News