Dijanjikan, Bebas Byar Pet Mulai 30 Juni

Dijanjikan, Bebas Byar Pet Mulai 30 Juni
Dijanjikan, Bebas Byar Pet Mulai 30 Juni
JAKARTA -- Bagi masyarakat Indonesia yang selama ini terbiasa dengan kondisi byar pet, mulai tanggal 30 Juni mendatang, kondisi itu tak lagi terjadi. Pemerintah menjamin tidak akan ada lagi byat pet listrik terhitung tanggal tersebut. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang perekonomian, Hatta Radjasa, Sabtu (24/4) di Hotel Grand Hyaat Jakarta.

Dijelaskan Hatta, untuk ketahanan energi dalam negeri, pemerintah telah membuat beberapa rencana aksi. Diantaranya, untuk mencapai sasaran energi mix 2015, pemerintah melakukan pemetaan energi terbarukan dan mengembangkan skema subsidi.

Untuk skema subsidi, dimulai dengan non subsidi wajib 5 persen biofuel mix yang bersubsidi secara bertahap. Dimulai di 5 kota yakni DKI Jakarta, Botabek (Bogor, Tangerang, Bekasi), Bandung, Surabaya dan Medan. Sementara 5 persen dari subsidi BBM akan dialihkan ke subsidi harga biofuel dan insentif fiskal untuk investasi energi terbarukan.      

''Namun dalam jangka dekat, pemerintah akan menjamin tidak akan ada lagi pemadaman listrik bergilir paling lambat 30 Juni 2010 di seluruh Indonesia. Sementara untuk jangka menengah, pemerintah fokus menanggulangi krisis listrik 2012-2013,'' kata Hatta.

JAKARTA -- Bagi masyarakat Indonesia yang selama ini terbiasa dengan kondisi byar pet, mulai tanggal 30 Juni mendatang, kondisi itu tak lagi terjadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News