Senator Juga Ngelencer ke Eropa

Senator Juga Ngelencer ke Eropa
Senator Juga Ngelencer ke Eropa
JAKARTA -- Studi banding bukan hanya dilakukan para anggota DPR. Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) kini juga siap melanglang buana. Rombongan senator "anggota DPD" itu akan bertolak ke Inggris dan Belanda pada Jumat besok (17/9).

Rombongan anggota DPD tersebut dipimpin Muhammad Syukur dari dapil Jambi. Anggotanya  adalah Paulus dari Papua, Habib Hamid dari Kalimantan Selatan, Pardi dari DKI Jakarta, Haryanti Baramuli dari Sulawesi Utara, dan Abdul Azis dari Sulawesi Selatan. Mereka akan mengatasnamakan diri sebagai Panitia Rancangan UU Lintas Komite.

Wakil Ketua DPD Laode Ida menyatakan, studi banding ke Inggris dan Belanda itu dalam rangka perancangan Law Center, sebuah lembaga baru yang akan dibentuk DPD. Law Center nanti menjadi alat pendukung DPD untuk peningkatan kinerjanya. "Ini demi penguatan DPD," kata Laode di ruang kerjanya kemarin.

Dipilihnya dua negara itu sudah merupakan pertimbangan matang. Menurut Laode, Inggris dipilih sebagai negara demokrasi tertua dalam membangun dan menguatkan fungsi lembaga semacam DPD. Sementara itu, pilihan lainnya ke Belanda karena negara tersebut juga memiliki lembaga seperti DPD. "DPD di Belanda telah eksis lama dan banyak memiliki pengalaman panjang," jelas Laode.

JAKARTA -- Studi banding bukan hanya dilakukan para anggota DPR. Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) kini juga siap melanglang buana. Rombongan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News